Memprediksi Cuaca di Arab Saudi untuk Kenyamanan Berumroh

Paket Umroh Murah di http://www.manasik.co.id/

Sama halnya di Indonesia, Arab Saudi juga memiliki 2 jenis musim, yaitu musim panas dan musim dingin. Saat bulan April, kondisi tanah suci biasanya sedang menghadapi awal-awal musim panas. Hal itu terjadi baik di Mekkah dan juga Madinah. Namun, karena posisi dan kondisi geografisnya yang berbeda tentu suhu udara di Mekkah selalu lebih panas dibandingkan Madinah.

Membandingkan kondisi cuaca

Di bulan april, biasanya suhu udara di kota Jeddah dan Mekkah sedang mengalami peningkatan. Kondisi demikian akan terus berlangsung hingga bulan Juni. Suhu udara rata-rata minimumnya berkisar antara 24-26 derajat celcius. Sedang rata-rata suhu maksimumnya sekitar 24-38 derajat celcius. Sedang untuk di bulan Juni, suhu udara bisa mencapai 47 derajat celcius.

Curah hujan yang biasanya derasnya berangsur-angsur intensitasnya mulai berkurang. Di bulan april misalnya hanya terjadi sekali atau dua kali turun hujan. Hal itu yang membuat curah hujan rata-rata selalu menurun hingga menjadi 2 mm per bulannya.

Kemudian di Madinah, di bulan tersebut suhu udaranya pun makin meningkat. Rata-rata minimum suhu udara antara 20-28 derajat celcius dan suhu maksimumnya mencapai 24-43 derajat celcius. Curah hujan pun sama-sama menurun dan di bulan april biasanya masih terjadi hujan deras.

Cuaca di Arab memengaruhi kesehatan jamaah

Kondisi cuaca yang telah dijelaskan di atas bila ditarik suatu kesimpulan, diketahui kondisi cuaca di Arab Saudi lebih panas dari Indonesia ketika kemarau datang.Kondisi yang demikian ini sudah pasti memberikan pengaruh besar bagi kondisi fisik serta kesehatan jamaah ketika beribadah umroh. Tantangan dan cobaan yang paling besar dihadapi jamaah ketika tinggal di kota Mekkah. Karena di bulan april banyak sekali debu beterbangan. Dengan demikian pastinya membuat kondisi yang akan berdampak pada kesehatan jamaah terutama di bagian mata serta organ pernapasan seperti hidung dan paru-paru.

Tentunya setelah mengetahui kondisi yang demikian, maka bagi para jamaah perlu untuk memperhatikan hal-hal yang diberikan supaya dapat beribadah umroh dengan nyaman dan tenang.

Sumber: Manasik.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *